Apa itu hosting dan domain?

banner domain hosting
Hosting dan Domain
Apa itu Hosting dan Domain?
Pertanyaan seperti ini sering kali terlontar bagi orang-orang yang masih awam tentang dunia internet (termasuk saya sendiri dulunya juga seperti itu). 

Hosting merupakan sebuah space atau tempat penyimpanan data sebuah blog atau website di internet yang memungkinkan data tersebut diakses secara online dan dilihat oleh semua orang dari seluruh penjuru dunia.

Penjelasan lebih lanjut bisa diumpamakan seperti ini. Jika Anda ingin membangun sebuah usaha, maka Anda membutuhkan sebuah tempat untuk usaha Anda tersebut, bukan? Katakanlah tempat tersebut berupa ruko yang mempunyai space atau ukuran ruangan yang variatif ada yang ukurannya 5x5𝑚𝑚2, 10x5𝑚𝑚2, dan seterusnya. 

Begitu pula dengan hosting di internet. Ada beragam varian space berbeda yang dapat Anda pilih: 500MB, 1GB, bahkan space yang jauh lebih besar. Namun yang pasti, berapapun space-nya pasti suatu saat akan menjadi kendala jika Anda membeli hosting yang space-nya dibatasi. 

Apa itu Domain? 
Domain adalah alamat sebuah situs berupa (.com/.net/.org) dan lain-lain, mempunyai fungsi untuk mengidentifikasi alamat (IP address) sebuah server komputer (hosting).

Seperti ilustrasi diatas, ketika Anda sudah mempunyai ruko untuk space usaha, tentunya yang Anda butuhkan adalah alamat agar siapapun dapat mengunjungi tempat usaha Anda dengan mudah. Jika Anda sudah mempunyai ruko tetapi tidak memiliki alamat, lantas bagaimana orang dapat mengunjungi tempat usaha Anda?

Begitu juga dengan domain, sebuah alamat yang wajib ada agar website Anda dapat dengan mudah diingat dan dikunjungi oleh orang dari seluruh penjuru dunia.

Demikian penjelasan singkat mengenai Hosting dan Domain. Mudah-mudahan penjelasan singkat ini bisa membantu pemahaman anda dalam membangun sebuah usaha diera serba digital.

Baca Juga :
Hobi download film? Gunakan software IDM untuk akses super ngebut 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu hosting dan domain?"

Post a Comment